Sabtu, 04 Mei 2013

#22 Beda Bidang, Satu Prinsip

Wah, satu hari mbolos ngisi blog nih. Fiuh, maklum lagi sibuk (sibuk bingung). Uuh, sebenernya udah bejibun ide buat nulis, tapi nulisnya gag sempet. Nah, sekarang, aku lagi pengen nulis tentang 'Beda Bidang, Satu Prinsip'. Mungkin, kalian udah bisa nebak, apa yang berhubungan dengan judul tulisanku ini.
Beda Bidang, Satu Prinsip. Kalian tahu Fotografi? Sinematografi? Kalau belum, aku akan menjelaskan singkat. Yuk, mari... 
Menurut yang aku tahu, Fotografi adalah satu bidang ilmu yang hanya mengambil satu gambar untuk menyampaikan sebuah cerita. Fotografer adalah orang yang mempelajari bidang ini. Menciptakan gambar dengan cara menangkap cahaya pakai alat yang namanya kamera. Bisa menggunakan kamera foto biasa (pake klise), kamera digital, atau yang lagi tren adalah kamera Digital Single Lens Reflex (Digital SLR atau DSLR). Kalau kalian cuma punya handphone berkamera, engga masalah kok. Asal bisa teknik pengambilan gambar atau mengatur pada kamera kalian sendiri. Sedangkan Sinematografi adalan satu bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menggabungkan gambar satu dengan gambar lain menjadi sebuah cerita untuk menyampaikan sebuah pesan. Prinsipnya sama dengan fotografi, hanya saja fotografi menangkap gambar tunggal sedangkan sinematografi menangkap rangkaian gambar. Kamera yang digunakan biasanya  (yang pernah aku pakai) adalah Handycam. Kalau belum jelas, googling aja ya.. hehehe

Oke, lanjut.. Gue pengen crita nih tapi maap ya, kali ini aku pake nga-lay dikit.
Akhir-akhir ini gue sempet kagum ma temen gue. Dia nge-upload foto pemandangan sore di desanya. Uuhh, kereen mantab! Padahal dia cuma pake kamera HP yang resolusinya hanya 2 megapixel. Tapi, bisa menciptakan siluet, yang menurut gue hampir sempurna. Nih, gambarnya..

Ini pake kamera HP dengan resolusi 5 MP

Ini 2 MP..Bisa nilai sendiri deh :D
Dua foto aja ya :D Dan itu bukan hasil editting. Murni hasil kemera. Gue salut banget ma temen yang tiap hari nemenin gue di sekolah ini. Hobinya fotografi. Tapi sayang, dia belum punya DSLR. Itu salah satu impiannya. Andai dia punya DSLR, waah, makin rajin kali, cari objek. Dia lebih suka objek alam ketimbang objek manusia. Yaa, okelah :D
Tepi beda banget bidangnya ma gue. Gue lebih berat di Sinematografi. Maklumlah, 3 tahun sekolah SMA, gue ngambil keterampilan sinematografi. Kalo dapet tugas bikin film, gue lebih sering jadi kameramen (harusnya kamerawati sih). Mulai dari kelas 1 SMA, udah mulai belajar ma yang namanya Sony Vegas. Meski masih 'plegak-pleguk' soal editting, karena pertama kali pake software kayak gitu. Banyak pertanyaan yang sempet tertanam dipikiran. Berjalan ke kelas 2 SMA, dapet tugas buat bikin iklan dan dokumenter. Tetep jadi kameramen. Iklan sukses, tapi dokumeter gagal. Ya, engga gagal-gagal amat sih. Udah shot, tinggal penggabungan dan editting, eh, ditolak guru gue. Karena masalah ide. Gini ceritanya..
Ide awal gue ma temen-temen, bikin film dokumenter tentang sekolah. Pertamanya keren tuh, tentang profil sekolah. Trus, ide kita mengungkap misteri di balik sekolah itu. Nah, sisi misteri itu yang ditolak. Takutnya, meurunkan rating sekolah. Yasudahlah. Akhirnya gagal, engga dikumpulkan, tapi tetep aja nilainya 98 di rapor. Hahaha. Engga nyangka banget dah, engga ngumpulin tugas, malah nilainya hampir sempurna gitu. Aneh pokoknya. Oke, lanjut? Lanjuut.. Kelas 3 SMA, gurunya beda bro. Agak 'susah' banget. Nilai tugas mempengaruhi. Iyalah, wajar aja, kelas 3 SMA gitu loh. Oke, tugas pertama bikin storyboard iklan. Oke, lancar jaya. Nah, tugas berikutnya bikin film lagi. Kebetulan banget, sebelum dapet tugas itu, gue ma anak-anak yang ikut kelas drama, udah bikin film duluan. Karena kesepakatan dan kerjasama, akhirnya karya anak drama, ceritanya dilanjutkan. Sebagai tugas sinematografi. Tapi tetep aja, jadi kameramen. Tapi disini gue kerja lebih berat daripada 2 tahun terakhir. Karena merangkap jabatan (ciyeh, guayane) sebagai editor. Ya jelas aja lah, yang tahu jalan ceritanya secara detail cuma anak-anak drama. Anak sinema cuma tau garis besarnya aja. Oke lanjut.. udah proses shot sana sini, penambahan scene, penggabungan, editting, renderring, udah jadi film. Tugas udah kelar. Ke to the lar. KELAR broooooooo! Hahaha. seneng banget rasanya udah engga ada tugas dari guru lagi. Temen-temen gue pada penasaran ma filmnya. Karena yang kerja engga semua anak sinema. Tapi, gue sebagai edittor, gue bagi nilai lah. Sesuai dengan kemampuan temen-temen yang gue tau, gue bagi ke bagian-bagian yang pantes. 
Udah kelar UN, tinggal nungu pengumuman, temen-temen kan pda ngadain piknik kelas. Ya, mendadak dapet ide, buat bikin video dokumenter perjalanan kelas gue selama 2 tahun ini.  Gue kumpulin anak-anak yang punya foto-foto kelas, gue ngopi semua foto-foto mereka. Seminggu pertama liburan di rumah pasca UN, aku habisin buat merangkai sebuah perjalan hidup semasa SMA. Kerja dari jam 12 siang sampe jam 9 malem. Istirahat cuma, makan, mandi dan sholat. Uuh, bisa mbayangin kan, gimana rasanya (kalo engga bisa mbayangin juga gpp).  Gue tetep berjuang demi satu karya yang akan aku persembahkan kepada teman-temanku. Hahaha, alay banget. Nah, udah kelar semua, tinggal nge-burn ke DVD RW. Uh, nyari DVD-nya aja udah susah, muter-muter kota, ini mau masukin data juga susah. Sampe ayah gue ikutan bantu. Aduuh, grogi banget tau gag! Groginya gini, video-video itu di preview sebelum di burn. Ditonton ayah ma ibuku. Aduuh.. Rasa isin, bingung, takut, atis kabeh awakku, Uh, pucat banget kakiku. Gemeter. Secara gitu. Ortu gue bro, yang nonton. Tapi, setelah selesai diputer ulang, pendapat ibu dan ayah, lumayan lah. Malah ibu gue request, besok kalo kuliah, disuruh bikin film tentang kehidupan. Iya deh, kalo ada kameranya dan ada temennya. Hehehe, maap ya, film/video-videonya blum bisa di upload di media :D 
wuuh, temen gue fotografer, gue sinematografer, dua unsur berbeda tapi tetep satu tujuan. Hahahai. Sekarang, gue lagi rajin banget buat cari harga DSLR. Cuma cari harga. Mungkin megang kameranya pas di mimpi aja kali ya. (melas banget)
Oke deh, thanks banget yang udah mau baca tulisan yang enggak karuan ini. 
Jangan pernah menyerah, dan lakukan apa yang bermanfaat sebaik-baiknya. Jangan lupa totalitas! oke? See yaaw ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar